Diberdayakan oleh Blogger.

Lakey-Dompu

Lakey-Dompu
RSS

Warga Hu'u Sambut Baik Pertambangan Mas

Masyarakat Kecamatan Hu’u secara utuh, kini dapat menerima perusahaan tambang emas PT Sumbawa Timur Mining (STM) yang kini tengah melaksanakan eksplorasi di wilayah setempatsetelah mereka menyadari sangat pentingnya keberadaan investor  yang dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi.
Camat Hu’uM.Yasin S.Sos kemarin mengatakan, respon masyarakat khususnya yang ada di lingkar tambang, terhadap aktifitas tambang PT STM cukup tinggi. Malah riak – riak tolak tambang dari segelintir masyarakat  sudah tidak lagi. “Yang jelas sudah tidak ada lagi masyarakat Hu’u melakukan gerakan tolak tambang, akunya.
Menurutnya, reaksi sebagian kecil masyarakat yang menolak tambang beberapa waktu lalu, dipicu karena minimnya pemahaman mereka terhadaptambang, sehingga pada posisi seperti itu mereka mudah diprofokasi oleh  pihak yang tidak bertanggung jawab. Dulu sangat mudah diprofokasi dan ditakut – takuti soal imbas dari pertambangan, tapi sekarang tidak lagi. Sebab masyarakat sangat yakin bahwa adanya pertambangan ini, nasib mereka akan jauh lebih baik dibanding sebelumnya”, terang Yasin.
Dijelaskan Yasin, tingginya respon masyarakat terhadap keberadaan perusahaan pertambangan tersebut tak bisa dipungkiri lagi. Malah ditiap – tiap desa di Kecamatan Hu’u dengan sendirinya meminta kepada PT STM melakukan sosialisasi tentang berbagai tahapan kegiatan yang dilakukan oleh pihak pertambangan serta programnya di tahun 2012 ini.
Kata dia sosialisasi sudah dilakukan pada 4 desa atas kerjasama PT STM bersama pemerintah desa dan tokoh pemuda maupun tokoh masyarakat di wilayah setempat. “Saya hadir di setiap kegiatan sosialisasi itu. Sebagian besar masyarakat sangat berharap PT STM segera melaksanakan  eksploitasi agar terbuka lapangan kerja bagi masyarakat, tuturnya.
Selain itu, masyarakat Hu’u telah sepakat untuk menjaga kondusifitas di wilayah lingkar tambang dari aksi penolakan dari pihak manapun. Masyarakat mau buat pos pengamanan di puncak tanjakan ‘Teka Ndahu’ guna menghadang pihak tertentu yang hendak datang di Kecamatan Hu’u untuk menggelar aksi tolak tambang, pungkasnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar